Belajar Efek Visual Video dengan AE CS6



Bagi penggemar perfilman atau yang berkecimpung di dunia yang berhubungan dengan video, mungkin sudah tidak asing dengan efek 3D.

Buku ini cocok bagi peminat dunia perfilman karena mengupas sebuah aplikasi editing terbaru besutan perusahaan software Adobe; Adobe After Effects CS6. Buku ini terdiri dari tujuh sesi. Ke-tujuh sesi tersebut membahas secara aplikatif tentang dasar-dasar penggunaan Adobe After Effects CS6. Dijelaskan pula cara membuat berbagai macam manipulasi video berdasarkan efek-efek yang tersedia.

Pada sesi pertama, pembaca diantar untuk mengenal Adobe After Effects CS6 dengan mengetahui System Requirements, keunggulan, membuat project awal, membuka dan menutup program, hingga menyusun Composition.
Kemudian, sesi ke-dua membahas tentang penggunaan Layer. Di sini akan dikenalkan tentang layer, bekerja dengan Panel Layer, membuat Layer Footage, hingga membuat pencahayaan dan Layer Camera.

Pada  sesi ke-tiga, memberi panduan tentang bagaimana bekerja dengan animasi dan keyframe. Di sesi ini dikenalkan Graph Editor, menggunakan dan mengatur keyframe, hingga bagaimana bekerja dengan Motion Path Keyframe. Selain itu, pembaca juga diberi langkah untuk menggunakan animation preset.

Sesi ke-empat  memelajari penggunaan transparansi. Mengenalkan Alpha Channel, Keying, Mask dan propertinya serta Transparansi Layer.
Sesi ke-lima membahas tentang Layer Teks, Mengatur Teks, hingga membuat Teks Animasi.

Di sesi ke-enam dikenalkan bagaimana menambahkan efek pada video. Di sesi ini dijelaskan satu-persatu efek yang tersedia di Adobe After Effects CS6 dan dicantumkan pula gambarnya. Sesi terakhir adalah mengenai render dan ekspor. Sebuah bagian akhir proses pembuatan efek.

Penyajian buku ini ditulis secara aplikatif dengan langkah-langkah yang mudah dipahami sekaligus dipraktikkan langsung. Selain itu,  juga disertai gambar di setiap penjelasan, sehingga membuat pembaca mudah memahaminya, meski tanpa praktik langsung.

Di tiap akhir sesi, terdapat rangkuman, kuis, dan latihan sehingga pembaca seperti memegang buku kursus. Hal tersebut memberikan pemahaman secara ringkas pada pembaca mengenai materi yang dibahas pada bab tersebut. Pembaca juga ditantang untuk membuat sebuah project atau mengaplikasikan materi-materi yang dibahas sebelumnya.

Buku ini hanya memandu dengan teori sehingga tidak bisa dijadikan satu-satunya rujukan dalam memelajari editing video. Dalam proses editing sebuah video, dibutuhkan ketekunan dari penggunanya untuk mengaplikasikan dan rajin mengotak-atik agar lebih paham dan mahir. (Dewi Apriani)

Posting Komentar

0 Komentar