Kota, Tentang Kebangkitan dan Keruntuhan





Goethe Institut bekerjasama dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara mengadakan pameran fotografi berjudul “Kota Tentang Kebangkitan Dan Keruntuhan (Die Stadt Vom Werden Und Vergehen)” di gedung A dan C Galeri Nasional. Foto-foto yang dipamerkan adalah hasil karya dari delapanbelas fotografer OSTKREUZ, agensi foto di Jerman. Mereka menyebar ke 22 kota di dunia untuk memperlihatkan kebangkitan dan keruntuhan di kota-kota tersebut.

Kebangkitan terlihat jelas pada foto-foto karya Thomas Meyer yang memperlihatkan pesatnya pembangunan dan kebangkitan kota Dubai. Portrait lelah dan muram wajah-wajah para penghuni Kota Elektronik karya Pepa Hristova, menggambarkan kebalikan semangat penghuni kota Tokyo yang bersemangat dan tanpa lelah. Foto-foto karya Frank Schinski yang menampilkan keganjilan-keganjilan pada kehidupan wajar di kota Moskow. Selain foto-foto dari fotografer OSTKREUZ, di pameran itu juga terdapat foto-foto karya fotografer Indonesia, Fanny Octavianus.

Sebanyak 150 karya yang dipamerkan dapat dilihat dari 24 Januari hingga 7 Februari 2014 pada pukul 10.00-20.00 WIB. Selain itu, juga diadakan diskusi bersama Fanny Octavianus, Jorg Bruggemann, Marco Kusumawijaya, dan Oscar Motuloh pada 1 Februari 2014.

Fotografer: Hanggi Tyo

Posting Komentar

0 Komentar