Musang Lovers, Lindungi Musang Lewat Hobi


Memelihara hewan dapat membantu menumbuhkan rasa emosional pada diri manusia. Kebiasaan memelihara hewan juga bisa mengurangi stres berlebih karena rutinitas yang dilalui. Lazimnya, kita sering melihat anjing dan kucing menjadi peliharaan, tapi kini musang yang sering dianggap liar dan hama oleh masyarakat juga ternyata bisa dijadikan hewan peliharaan.

Seperti yang dilakukan komunitas Musang Lovers Indonesia. Musang Lovers sudah tersebar hampir di seluruh regional Indonesia. Salah satunya di Jakarta. Musang Lovers Jakarta sendiri diresmikan sejak 1 Januari 2013 dan biasa mengadakan gathering pada hari Sabtu dan Minggu.

Koordinator lapangan Musang Lovers Jakarta, Ali Djanih, menjelaskan, komunitas ini bertujuan mewadahi para pencinta musang regional Jakarta untuk saling bertukar pikiran mengenai hewan musang. Komunitas yang sering berkumpul di kawasan Hotel Indonesia (HI) dan Kota Tua ini juga berkeinginan mengubah mindset masyarakat yang seringkali menganggap musang liar.

Terpenting, tujuan kita di sini untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa musang bisa dipelihara layaknya kucing dan anjing,” ungkap Ali, Jumat (24/10/2014).

Ia menambahkan, selain mensosialisasikan kepada masyarakat, komunitas Musang Lovers juga melindungi musang dari penangkapan hewan liar. Menurutnya, daripada mengkonsumsi daging musang, lebih baik menjual musang kepada para pencinta musang.

“Daripada makan daging musang, mending musangnya dijual. Terus, uangnya dibeliin sate,” jelas Ali sambil tersenyum.

Terkait jual beli musang, Wakil ketua Musang Lovers Jakarta, Doni Permadi, menjelaskan dalam komunitas Musang Lovers, kata jual beli diganti menjadi adopsi. Ia memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat musang. Menurutnya, musang lebih baik dipelihara sejak bayi karena lebih mudah beradaptasi dengan si pemilik.
“Kalau mau mengadopsi musang, lebih baik adopsi musang dari umur 3 bulan dulu,” tutur Doni saat ditemui Journo Liberta.

Perawatan hewan musang, sambung Doni, juga tergolong tidak terlalu sulit. “Perawatan musang itu mudah karena musang tergolong hewan omnivora. Kotorannya juga tidak bau,”

Untuk bergabung bersama komunitas Musang Lovers, kata Doni, tak ada persyaratan khusus. ia menjelaskan, komunitas Musang Lovers terbuka bagi semua golongan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Jika Anda ingin memelihara musang, Musang Lovers merekomendasikan untuk memelihara musang jenis pandan, karena perawatannya tergolong mudah. (Singgih A. Dani, Angga Satria)

Posting Komentar

0 Komentar