Berbudaya Bersama Roff Air RDK FM 2015


Riuh tepuk tangan dan sorak sorai penonton pecah di Hall Student Center Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, ketika grup musik Nares melantunkan lagu tradisional Maluku, Rame-rame. Penampilan grup musik asal Jakarta itu merupakan salah satu bagian acara Closing Cerimony 'Roff Air RDK FM 2015' bertema Sound of Culture.

Tema tersebut diangkat sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya lokal. Pasalnya, pada era digital ini budaya Indonesia semakin terlupakan, terutama soal musik. Kini budaya barat lebih diminati muda-mudi. Untuk itu perlu menonjolkan budaya tradisional guna melestarikan budaya dalam negeri.

“Sebetulnya melestarikan budaya kita (Indonesia) itu tidak sulit. Bisa kita ambil contoh dalam festival musik. Jika lagu daerah dikolaborasikan dengan aransemen musik populer, tentu lebih menarik,” kata Faisal saat ditemui JL onine di sela acara, Kamis (29/10).

Lebih lanjut Faisal menjelaskan rangkaian acara Roff Air RDK FM 2015 bertujuan mengubah pandangan budaya Indonesia yang dianggap  kuno. “Rangkaian acara kita full di bulan Oktober, lomba foto di instagram angle-nya seputar kebudayaan, lomba siaran yang diikuti sampai 80 peserta, lomba membuat berita, kompetisi futsal.  Selain perlombaan,  juga ada parade budaya,  workshop mengenai perkembangan radio dari zaman ke zaman dan penampilan cosplayer  dengan karakter pahlawan-pahlawan Indonesia, seperti R.A Kartini dan Cut Nyak Dien juga turut menghiasi acara ini,” papar mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam ini.

Dengan adanya acara ini, Faisal berharap bisa memberikan pemahaman positif mengenai budaya Indonesia dengan cara yang  kreatif. “Semoga dapat mengedukasi, khususnya untuk panitia  dan umumnya untuk penonton. Semoga bisa menularkan kepada pengunjung yang datang untuk menggelar acara kebudayaan lainnya,” katanya.

Acara ini pun mendapat respon positif dari pengunjung, Ari Andika, mahasiswa Jurusan Jurnalistik mengatakan acara bertema kebudayaan ini menginspirasi dirinya untuk membuat acara serupa. “Bagus acaranya, tapi kurang publikasi saja. Semoga ke depan RDK FM bisa lebih bermanfaat dalam membuat kegiatan,” ungkap Ari. (Aldiansyah)

Posting Komentar

0 Komentar