Hari Bumi, Diet Kantong Plastik hingga Sapu Danau


Untuk memperingati Hari Bumi beragam aktivitas lingkungan dilakukan agar meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Salah satu kegiatannya yakni kampanye diet kantong sampah.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Arkadia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam penggunaan kantong plastik. “Kita harap masyarakat menggunakan kantong plastik secukupnya,” kata Ketua Pelaksana Muhammad Abdul Baits, Ciputat, Jumat (22/4/2016).

KPA Arkadia juga mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kampanye diet kantong plastik di sekitar kampus. “Pada kegiatan ini setiap orang boleh menukar minimal tiga plastik dengan satu goodie bag dari kami,” ujar Muhammad.

Dalam seminar Kartini For Earth, Aktivis Perempuan Kohati Ciputat Ana, mengatakan perempuan harus memiliki kesadaran yang setara untuk juga berkampanye tentang lingkungan sehat. Perempuan juga harus memiliki semangat bergerak di bidang apapun.

Plastik, lanjut Ana, membutuhkan waktu 1000 tahun untuk melebur dengan tanah. Untuk itu ia mengajak masyarakat untuk lebih hemat dalam penggunaan plastik. “Mulai hari ini, mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri, mari sama-sama kurangi penggunaan plastik,” ajaknya.

Keesokan harinya, KPA Arkadia dan 60 Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari berbagai kampus melakukan kegiatan Sapu Danau di Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan.

“Banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik di danau menjadi alasan pentingnya edukasi tentang penggunaan plastik secukupnya kepada masyarakat,” ungkap Muhammad.

Anggota Mapala Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI Depok Ratna, mengatakan hal ini merupakan langkah yang baik untuk menjaga kebersihan di sekitar danau dan juga sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi sesama mapala.

“Seru banget, orang-orangnya welcome jadi gue seneng ada disini, terus juga banyak yang bisa diambil dari acara ini, contohnya seperti jangan buang sampah sembarangan dan kalau ada sampah diambil, jangan di biarin saja,” ujar Ratna. (Romaida/Alboja).

Posting Komentar

1 Komentar