Bidik Objek Menggunakan Ponsel


Memotret kini sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan, mulai dari swafoto hingga  makanan tak luput diabadikan. Memotret tidak perlu memiliki peralatan kamera yang mahal, menggunakan handphone pun kita sudah bisa membidik foto.

Di Jakarta ada komunitas fotografi yang terbilang unik, biasanya komunitas fotografi menggunakan Kamera DSLR maupun Mirrorless yang sedang booming saat ini. Namun komunitas ini menggunakan kamera ponsel sebagai alatnya, yaitu komunitas fotografi ponsel yang biasa dikenal Kofipon.

Kofipon merupakan komunitas fotografi ponsel pertama di Indonesia, yang terbentuk pada tahun 2009 oleh Beni Syamsudin di Yogyakarta. Ketika itu, Beni menyukai fotografi tetapi belum memiliki alat yang canggih, hanya memiliki sebuah ponsel. Ia mencoba mengambil sebuah objek , Ternyata hasil nya cukup memuaskan. Mulai dari situ ia berinisiatif membuat Fanspage dan Group Facebook, hingga sekarang, Kofipon sudah memiliki sekitar 28.000  anggota dan memiliki 12 chapter yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

“Kita di sini saling share dan mengajarkan bagaimana caranya dasar-dasar fotografi, seperti standar editing fotografi,” ujar Conanda, Pengurus Kofipon Jabodetabek.

Ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan Kofipon, seperti berkumpul alias kopi darat, hunting bareng, workshop dan seminar yang mengajarkan ilmu-ilmu untuk semua kalangan yang ingin belajar fotografi mulai dari dasar hingga tahap selanjutnya.

Kofipon juga dikenal dengan kesederhanaannya, kopdar dan hunting biasa dilakukan di mana saja.  Jika di Jakarta, Kofipon biasa berkumpul di bundaran HI, Kota Tua dan Monas. Peralatan yang digunakan pun hanya ponsel, tripod dan lensa dari bongkaran kamera bekas atau lensa khusus ponsel.

Selain kopdar kofipon juga aktif di Group Facebook (FB). “Karena di FB kita bisa memberi informasi seputar fotografi maupun  mengunggah karya foto kita sehingga bisa diberi masukan oleh anggota lain yang berasal dari seluruh Indonesia,” ungkap Conanda.

Kegiatan terakhir Kofipon lakukan adalah pameran dalam acara ulang tahun jangantulalit.com. Di sana Kofipon memajang 200 bingkai foto. Selain itu untuk pameran sendiri sebenarnya rutin dilakukan setiap tahun dalam memperingati ulang tahun Kofipon dengan mengadakan kopdar nasional pada tanggal 17 maret.

Prestasi dari Kofipon tidak bisa dipadang sebelah mata, sudah banyak member dari Kofipon menjadi pemenang dalam dalam ajang lomba fotografi hanya dengan ponsel. “Ada salah satu anggota kita dari Surabaya meraih juara 1 dalam ajang lomba foto Walikota Surabaya, dan saingannya saat itu banyakan menggunakan DSLR,“ ujar Conanda.

Tertarik join Kofipon? selain menambah teman , dengan mengikuti komunitas ini kita bisa meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta keterampilan dalam fotografi.

(Muhammad Fachrureza) 

Posting Komentar

0 Komentar