Mahasiswa UIN Jakarta Gelar Aksi Tolak Semen

Foto : Lentera HAM

Beberapa mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang tergabung dalam Aliansi Jakarta Melawan Semen menggelar aksi solidaritas terhadap warga pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah. Aksi dilakukan dengan mengecor kaki menggunakan semen, Senin (20/3/2017) di depan gedung bank Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aksi tersebut diselenggarakan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga pegunungan Kendeng yang tengah melakukan aksi cor kaki di depan Istana Negara. Hal itu dilakukan warga pegunungan Kendeng sebagai bentuk penolakan pengoperasian pabrik semen di Rembang.

Pasalnya Mahkamah Agung (MA) telah mengabulkan tuntutan warga untuk melakukan tinjauan kembali mengenai pembangunan pabrik semen. Namun pengoperasian pabrik semen masih tetap berjalan hingga saat ini.

Keadaan tersebut diperkeruh dengan tindakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Alih-alih mematuhi putusan MA, Ganjar malah mengeluarkan izin baru atas pabrik semen di Rembang.

Kordinator aksi Rausyan Fikri mengatakan pemerintah harus menyelesaikan kasus pabrik semen yang telah dimenangkan masyarakat Rembang. Dia juga berharap aksi ini dapat menggugah hati mahasiswa untuk melek teradap isu-isu yang terjadi.

“Aksi ini juga dilakukan untuk mengajak mahasiswa agar melek terhadap isu-isu yang terjadi dan saya berharap mahasiswa dapat kembali terjun membela masyarakat,” ujarnya.

Menurut Rausyan, mahasiswa dapat melakukan hal-hal kecil untuk membantu masyarakat pegunungan Kendeng seperti mengumpulkan sumbangan untuk akomodasi masyarakat pegunungan Kendeng di Jakarta.

“Informasi terakhir hingga hari ke lima masyarakat pegunungan Kendeng di Jakarta masih kekurangan dana, dan sudah menghabiskan dana sebesar 50 juta rupiah,” ungkap dia.
(Siska)

Posting Komentar

0 Komentar