Kebakaran FAH Bukan Karena Korsleting


> Kebakaran diduga bukan karena korsleting listrik.
> FAH cukup aman untuk masalah kelistrikan.


Kebakaran terjadi di lantai 3 gedung baru Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (28/2/2017). Sampai saat ini penyebab kebakaran masih didalami tim internal fakultas.

“Kejadian di lantai 3 ruang panel. Api tidak terlalu besar namun mengeluarkan asap cukup banyak,” ujar pelaksana Mekanikal Elektrikal (ME) FAH Nasihin.

Dia menduga kejadian tersebut terjadi bukan karena korsleting listrik. “Karena di sini itu setiap ruangan hanya satu line. Artinya safety-nya sudah benar-benar terjaga. Karena karakter kabel itu berbeda dengan api. Kalau korsleting listrik, sudah habis (terbakar) gedung ini,” ungkapnya.

Secara sistem, lanjut Nasihin, masalah terbakarnya ruang panel di lantai 3 bukan berasal dari pusat. Namun dia juga tidak ingin menuduh siapapun atas terjadinya kebakaran ini.

“Karena memang tidak ada sambungan, terbakarnya dari mana? Kecuali kalian pake laptop terus stop kontaknya terbakar. Namun saya tidak mau berasumsi lebih lanjut, karena belum ada buktinya sampai sekarang,” ucapnya.

Nasihin juga mengaku alarm kebakaran yang terpasang di FAH belum berfungsi. Padahal gedung ini baru saja diresmikan hari itu juga. “Fair Alarm yang ada di gedung itu belum ada serah terima. Sehingga sistem yang digunakan belum normal. Apalagi semua alat belum di-training dan sistem belum bekerja sepenuhnya," ungkapnya.

Kalau korsleting listrik, sudah habis (terbakar) gedung ini. - Pelaksana Mekanikal (ME) FAH Nasihin.

2 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke tempat kejadian perkara. Namun petugas pemadam hanya memeriksa keadaan karena api sudah berhasil dipadamkan.

Sebelumnya FAH diresmikan pada Selasa (28/2/2017) oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada. Pembangunan gedung baru FAH dibiayai dengan Surat Berharga Syariah Nasional (SBSN) dari Kementrian Agama RI yang ditaksir mencapai 44 miliar rupiah. 

Baca Juga : Serba-Serbi Gedung Baru FAH
Baca Juga : Menjelajahi Gedung Baru FAH (Foto)

(Nauroh/Nurul)

Posting Komentar

0 Komentar