Sehat di Bulan Ramadhan bersama Extraordinary Jakarta Runners



B
erolahraga di bulan Ramadan memang jarang dilakukan oleh sebagian orang. Olahraga di bulan suci bagi umat muslim juga kerap dianggap akan menghambat ibadah yang sedang dijalankan.
Untuk melawan stereotip itu semua, komunitas Extraordinary Jakarta Runners (EJR) mempunyai program Teraweh Mosque Hoping (TMH). TMH merupakan kegiatan menikmati malam di bulan Ramadan dengan berbuka dan salat Tarawih di berbagai masjid di Jakarta, tentu kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan berlari bersama sejauh 5 kilometer.

Anggota EJR Toton mengungkapkan kegiatan yang sudah diselenggarakan 8 kali sejak 2010 telah diadakan di 8 masjid yang berbeda. “Tahun ini bertambah 1 masjid, yaitu masjid Al Bakrie Taman Rasuna Kuningan,” katanya.
Olahraga di bulan Ramadhan bukanlah perkara mudah, karena tubuh menahan lapar dan haus selama hampir 13 jam. Kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi dan dehidrasi memerlukan asupan yang baik, agar tubuh tetap fit untuk menjalani ibadah.

"Perlu penyesuaian waktu untuk berolahraga dengan waktu berpuasa, agar terhindar dari dehidrasi akibat kekurang cairan. TMH sendiri coba menawarkan alternatif bagi para pelari untuk dapat tetap berlatih dengan tidak mengorbankan ibadah puasa maupun ibadah shalat malamnya, yaitu setelah selesai salat Tarawih,” jelas Toton.

TMH juga mendapat tanggapan positif dari Tesario. Ia mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. “Jadi pas bulan puasa bukan olahraganya stop tapi tetap jalan juga. Ibadahnya dapet, workoutnya juga dapat,” ujar Tesario.

Sehat di bulan Ramadan
Pengajar di Universitas Negeri Yogyakarta Yudik Prasetyo dalam sebuah penelitian mengungkapkan olahraga yang dilakukan pada saat berpuasa mempunyai tujuan pemeliharaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Artinya, harus mampu melancarkan aliran darah dan melenturkan otot-otot.

“Jantung lebih aktif dan zat asam atau oksigen lebih banyak terhirup sebagai proses metabolisme tubuh,” katanya.

Dalam kesimpulannya Yudik  menyarankan dalam bulan puasa olahraga ringan seperti senam ringan. Jalan dan joging selama 20 hingga 30 menit. Menurutnya, waktu pelaksanaan olahraga yang tepat saat berpuasa ialah saat menjelang buka puasa, usai salat tarawih, dan menjelang sahur.

Melihat penjelasan tersebut kita tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatan ketika puasa, Olahraga bisa menjadi solusi yang murah untuk tetap sehat. Selain itu kita juga dapat mengikuti Pedoman Gizi Seimbang, susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Salam sehat!

 (Reza)

Posting Komentar

0 Komentar