Melihat Proses Preservasi Kereta Lokomotif

Catatan: Klik untuk hasil yang lebih baik







Indonesia Railway Preservation Society (IRPS) adalah sebuah komunitas pecinta kereta api yang mendedikasikan kegiatan mereka pada penyelamatan dan pelestarian aset sejarah perkeretaapian Indonesia. Pada Minggu, 24 September 2017 lalu, IRPS mengadakan acara Perawatan Lokomotif Uap di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Acara ini dilakukan dalam rangka memperingati 150 tahun hari perkeretaapian nasional.
Salah satu kereta yang dibersihkan adalah kereta lokomotif uap CC50 01, yang dulunya beroperasi sekitar Tasikmalaya dan Garut. Setelah dibawa Java Staatsporwagen dari Eropa pada tahun 1927, lokomotif CC50 harus purna tugas pada tahun 1982 setelah kebijakan rasionalisasi lokomotif uap ke diesel. Kini beberapa lokomotif uap CC50 yang tersisa tersebar di tiga museum. Salah satunya lokomotif CC50 01 yang berjejer rapi dengan lokomotif lain di Museum Tranportasi.

IRPS melakukan preservasi atau perawatan kereta dengan mengecat badan kereta lokomotif CC50 01 dan menyemprotkan solar di bagian yang berkarat. Dengan adanya kegiatan ini, IRPS berharap bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara preservasi kereta.

(Mega KH)

Posting Komentar

1 Komentar