Menikmati Seni Modern di Museum MACAN









Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara – Museum MACAN) adalah sebuah institusi seni di Jakarta. Berlokasi di AKR Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini adalah institusi pertama yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan internasional yang bukan hanya signifikan, namun juga terus berkembang.

Museum ini memiliki program berkelanjutan berupa pameran dan aktivitas seni dalam fasilitas seluas 4.000 meter persegi yang mencakup area pendidikan dan konservasi. Pameran yang bertema Seni Berubah, Dunia Berubah adalah penampilan publik perdana dari koleksi Museum MACAN. Karya-karya seniman Indonesia seperti Raden Saleh hingga S Sudjojono dapat dinikmati dengan mengunjungi museum ini.

Karya-karya di dalamnya, telah dikumpulkan selama lebih dari 25 tahun. Dari lamanya proses itu, karya yang ditampilkan akan memiliki makna baru. Bukan saja untuk audiens yang datang dan melihat karya seni tersebut secara langsung, namun juga sebagai sebuah entitas penting yang turut mendeskripsikan sejarah budaya dan sosial milik Indonesia, juga bagaimana keadaan tersebut memengaruhi atau dipengaruhi oleh kekuatan internasional dan partisipasi global.

Selain menampilkan karya-karya seniman dari abad ke-19 hingga masa kini, baik yang berasal dari Asia, Eropa maupun Amerika Utara, di dalam museum MACAN juga terdapat Ruang Seni Anak yang didedikasikan bagi para anak. Ruang Seni Anak itu diisi dengan karya luar biasa gagasan seniman Indonesia kenamaan, Entang Wiharso.


(Mega Kh)

Post a comment

0 Comments