Distribusi Logistik Terlambat, Pemungutan Suara Molor


Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemiluwa) 2017 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali mengalami keterlambatan. Pemiluwa yang diagendakan  Rabu (21/12/2017) pukul 08.00 WIB terlambat dilaksanakan akibat telatnya penyebaran surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) UIN Jakarta ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di fakultas-fakultas.

Telatnya penyebaran surat suara berdampak pada keterlambatan proses pemungutan suara di masing-masing fakultas. Ketua KPPS Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Ikhsan mengatakan pemungutan suara akan dilaksanakan setelah surat suara sampai di KPPS. “Belum mulai, karena keterlambatan surat suara,” tuturnya.

Tak hanya FSH, fakultas lain seperti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Ushuluddin (FU) dan Fakultas Psikologi (FPsi) turut mengalami keterlambatan. Salah seorang mahasiswa dari jurusan Sejarah Peradaban Islam, Inwa mengeluhkan keterlambatan pemungutan suara yang terjadi di fakultasnya, “Lama, tapi ini termasuk sepi,” jelasnya.

Pemungutan suara yang terlambat tak hanya disebabkan oleh masalah penyebaran surat suara. Pelaksanaan Pemiluwa yang bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) di beberapa jurusan, menyebabkan sebagian panitia KPPS mengikuti UAS terlebih dahulu.

Pelaksanaan pemungutan suara baru bisa dilaksanakan setelah surat suara dicek dan ditandatangani oleh ketua KPPS. Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP) baru bisa melaksanakan pemilihan pada jam 09.36 WIB atau telat satu setengah jam lebih, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) memulai pemungutan suara pada 10.14 WIB, dan FITK baru melaksanakan pemungutan suara pada 10.50 WIB.
Hingga laporan ini diturunkan, KPU belum memberi komentar terkait keterlambatan logistik yang menyebabkan proses pemungutan suara terlambat dilaksanakan.

Baca Juga : Sema U Bantah Pemilihan Anggota KPU dan Bawaslu Tidak Transparan
Baca Juga : Bawaslu Antisipasi Permasalahan Langganan Pemiluwa
Baca Juga : KPU Masih Pertahankan Sistem Lama
Baca Juga : Debat Molor, KPU Akui Kurangnya Persiapan
Baca Juga : KPU Undur Lini Masa Pemiluwa
Baca Juga : Pasangan Calon Dema U Beradu Visi Misi dalam Debat Kandidat
(Red)

Posting Komentar

0 Komentar