Demi Keamanan, Penghitungan Suara Dilakukan Tidak di Hari yang Sama


Pemilihan Umum Mahasiswa (Pemiluwa) 2017 Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tengah berlangsung. Beberapa agenda telah dilaksanakan seperti masa kampanye, debat kandidat, hingga pemungutan suara pada Kamis (21/12) lalu. Walaupun sebelumnya sempat alami pengunduran lini masa kegiatan Pemiluwa 2017.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemiluwa tahun ini memiliki perbedaan jadwal. Jika pada tahun-tahun sebelumnya penghitungan suara dilakukan pada hari yang sama setelah pemungutan suara usai, kali ini tidak. Tahun ini penghitungan suara dilakukan hari ini Jumat (22/12/2017). Hal ini diungkapkan Agung selaku ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) UIN Jakarta karena menimbang tingkat keamanan.

“Karena kalau malam ngga ada pihak keamanan yang jaga dan ngga ada yang bertanggung jawab,” jelas Agung. Maka penghitungan suara dilakukan keesokan harinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu jalannya proses Pemiluwa.


Meski demikian, Agung menjelaskan dalam teknis penghitungan suara bukan ranah KPU. Dalam hal ini KPU memyerahkan pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) masing-masing. Sehingga waktu dimulainya penghitungan suara sesuai kebijakan masing-masih KPPS.

Di beberapa fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi dan beberapa fakultas lainnya penghitungan sudah dimulai sejak 8.00 WIB. Berbeda dengan Fakultas Ushuluddin, penghitungan suara dijadwalkan setelah ibadah salat jumat. Fakultas kedokteran menjadwalkan penghitungan pada 15.00-17.00 WIB.

(Garis)

Posting Komentar

0 Komentar