GEN-BI UIN Jakarta Lakukan Kontribusi Nyata untuk Situ Gintung


Dalam rangka peringatan Hari Sampah Dunia, komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia Generasi Baru Indonesia (Gen-BI), lakukan kontribusi nyata dengan menggelar kegiatan Clean Action bertajuk “Pemuda Peduli Lingkungan”, di sepanjang kawasan Situ Gintung, Minggu (25/2). Kegiatan ini diikuti antusias oleh relawan, himpunan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan masyarakat sekitar.

Clean Action merupakan salah satu program kerja (proker) Gen-BI Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta yang sudah berjalan dua kali dalam setahun belakangan. Clean Action dilatarbelakangi oleh minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, area Situ Gintung yang kerap dijadikan area olahraga dan reakreasi oleh masyarakat nampak kurang terawat. Banyaknya sampah yang berserakan mengurangi kenyamanan pengunjung Situ Gintung.

Hasan Hidayat, ketua Gen-BI UIN Jakarta mengatakan,"sebagai generasi millennial, kita hendaknya sadar, dalam arti memberikan kepedulian kepada lingkungan. Ini salah satu proker kami, dalam setahun sudah dua kali melakukan Clean Action. Pertama lingkup kecil; internal, sekarang kita sudah merangkum dengan volunteer dan bekerja sama dengan himpunan juga beberapa UKM yang ada di UIN Jakarta,” jelas Hasan.

Beberapa rangkaian Clean Action diantaranya kegiatan pungut sampah, dimulai dari Pusat Bahasa, Kampus 2 UIN Jakarta hingga tugu Situ Gintung. Acara dilanjutkan dengan aksi tebar 10.000 benih ikan yang diikuti antusias tinggi dari masyarakat. Kegiatan tebar benih ini diharapkan dapat memperbaiki ekosistem Situ Gintung. Dalam waktu bersamaan, masyarakat juga dapat melakukan cek kesehatan yang disediakan oleh Gen-BI.

Rhistyadi Wijaya, ketua pelaksana, mengharapkan kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin kedepannya. Melihat antusias peserta dan masyarakat yang terlibat, dan memberikan kesan positif saat acara berlangsung, terutama saat tebar ikan. Hal ini memotivasi kami anggota Gen-BI untuk terus memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat,ujar Rhistyadi.

Menurutnya, acara ini sesuai dengan harapan, banyak warga yang antusias ikut serta dan meramaikan kegiatan Clean Action. “Gen-BI tergerak untuk bisa menginspirasi masyarakat khususnya mahasiswa untuk lebih sadar terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” tambah Rhistyadi.

“Senang dan seru, Gen-Bi sangat respect terhadap lingkungan, hari ini kita tebar benih ikan dan bersih lingkungan, antusiasme masyarakat Situ Gintung juga cukup banyak karena masyarakat sangat mendambakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Arranda Alfin Bamisti, salah seorang relawan.

Gen-BI memberi semangat perubahan bagi masyarakat dan mahasiswa akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, tak hanya menggagas tapi bergerak dan menggerakkan. 

(Siska Irma Diana)

Posting Komentar

0 Komentar