Beramal Seraya Menikmati Alunan Musik Jazz di Masjid Cut Meutia



Menjelang malam, Masjid Cut Meutia semakin ramai. Gemerlap lampu dan layar besar mulai menyala di sebuah panggung megah selepas salat tarawih. Lantunan doa berganti alunan musik terdengar di pengeras suara. Menandakan sebuah acara tahunan di masjid ini akan segera dimulai.

Ramadhan Jazz Festival (RJF) kembali digelar di pelataran Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat pada tanggal 25 dan 26 Mei 2018. Festival yang rutin digelar setiap tahunnya ini telah memasuki tahun kedelapan. RJF 2018 yang diadakan oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) ini mengusung tema Jakarta is Us.

RJF 2018 dimeriahkan oleh beberapa penyanyi kenamaan di kancah musik Indonesia, seperti Maliq & d’Essentials, Glen Fredly, Andien, Yura Yunita dan  musisi lainnya. Selain acara utama, RJF 2018 juga mengadakan kegiatan pra acara bernama RJF 2018 Goes To School sebagai kegiatan pendukung dari acara utama, sekaligus mengajak siswa Sekolah Menengah Atas untuk ikut serta dalam kegiatan sosial ini.

Siapapun bisa mengunjungi RJF 2018 dengan berdonasi. Donasi terbagi dalam beberapa pilihan paket dengan nominal uang yang berbeda, yaitu berupa paket sandang, paket pangan, hingga paket kesehatan. Pada hari kedua, juga dibuka donasi berupa donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia.

Ketua panitia RJF 2018, Amira Azizah Audi mengatakan acara ini bukan hanya sekedar konser musik, namun lebih kepada tujuan beramal. Dengan konser musik ini Amira berharap semakin banyak orang yang berpartisipasi untuk menyumbang dan menikmati acara yang disajikan.

“Kita selalu mencoba mengemas acara ini dengan cara yang bisa diterima oleh anak-anak milenial, guna menjadikan acara ini sebagai media dakwah,” ujar mahasiswi Binus semester delapan itu.

Hasil dari biaya masuk acara Ramadhan Jazz Festival akan dialokasikan sebagai donasi kegiatan sosial berupa kesehatan. Diharapkan donasi yang masuk dapat membantu rumah singgah yayasan Cancer Information and Support Center di bilangan Slipi, Jakarta.

Dengan berpegang pada Al-Qur'an surat Ibrahim ayat empat, Amira menambahkan tema Jakarta is Us #loveunitesall. Bertujuan supaya umat muslim harus dapat menyiarkan agama dengan bahasa kaumnya.

“Sudah tau acara ini dari beberapa tahun yang lalu, tapi baru kesampaian datang di RJF 2018 ini. Maksud dan tujuan acara ini juga bagus, untuk beramal, bukan have fun saja,” ujar Dion, salah seorang pengunjung RJF 2018.

Amira mengatakan antusiasme penonton dan donatur dari tahun ke tahun cukup tinggi. Dia juga berharap dengan digelarnya RJF 2018 akan memotivasi RICMA dan pemuda lainnya untuk selalu berdakwah dan mensyiarkan syariat Islam.

(Yustika)

Posting Komentar

1 Komentar