Masjid Kubah Emas: Destinasi Pilihan di Bulan Ramadhan




Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Pada bulan Ramadhan, setiap muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selain ibadah puasa, ibadah-ibadah lainnya juga dilipatgandakan pahalanya. Tempat ibadah pun terlihat ramai oleh jamaah yang beribadah. Tak sedikit pula orang-orang yang menjadikan tempat ibadah sebagai tujuan wisata religi.

Salah satunya ialah Masjid Dian Al-Mahri atau yang lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas. Masjid dengan luas bangunan 8.000 meter dan luas keseluruhan mencapai 70 hektare ini memiliki keunikan tersendiri. Terdapat lima kubah yang dilapisi emas setebal dua sampai tiga milimeter dengan hiasan mozaik kristal. Arsitektur masjid pun dibuat bergaya Timur Tengah, terlihat kokoh dan menawan. Masjid Dian Al-Mahri berlokasi di jalan raya Meruyung, Limo, Kota Depok, Jawa barat.

Keunikan dan kenyamanan yang ditawarkan menjadi daya tarik bagi setiap jamaah yang datang. Masjid Kubah Emas menjadi destinasi wisata religi favorit bagi warga Depok dan sekitarnya. Selain warga sekitar Depok, banyak juga pengunjung dari luar kota yang sengaja mendatangi masjid ini.

"Enak tempatnya. Tempat ibadah sekaligus sebagai tempat rekreasi bagi saya, karena tempatnya juga luas dan bagus, bisa untuk foto bersama teman-teman saya," kata Fitriana, salah seorang jamaah perempuan.

Seorang jamaah laki-laki, Budiman, mengaku baru pertama kali datang ke Masjid Kubah Emas. Terlebih ia berasal dari Malang, Jawa Timur dan sengaja datang ke Depok untuk beribadah dan berwisata ke masjid ini. Megahnya bangunan masjid dengan ditunjang luasnya area di sekitar bangunan, jamaah bisa berkeliling masjid untuk menikmati pemandangan yang ada di area Masjid Kubah Emas selepas beribadah.

Jamaah yang datang, dibuat takjub dengan taman di pelataran masjid yang dibuat secantik mungkin. Dengan dihiasi tanaman bunga, dipadukan dengan lampu-lampu taman yang berjajar tinggi. Suasana dibuat nyaman agar jamaah bisa khusyuk dalam beribadah serta tidak merasa bosan.

"Memang banyak yang datang ke sini, apalagi kalau hari libur," ungkap Maryam, salah seorang pengurus Masjid Kubah Emas.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan, masjid ini semakin ramai pengunjung. Banyak pengunjung yang datang untuk beribadah sekaligus berwisata sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Seperti masjid pada umumnya, Masjid Kubah Emas juga menyediakan takjil untuk pengunjung yang hendak berbuka puasa di Masjid ini.

Takjil yang disediakan di Masjid Kubah Emas beraneka macam setiap pekannya. Seperti teh manis, kolak, air putih, dan juga bubur kacang hijau. Masjid ini menyiapkan 250 paket takjil pada hari Senin sampai Jumat, dan 500 paket takjil untuk hari Sabtu dan Minggu.


(Crusita)

Post a comment

0 Comments