Aliansi Mahasiswa UIN Jakarta Tuntut Pemilihan Ulang

Journoliberta/Nina


Baru menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta selama 72 hari, Amany Lubis telah diterpa masalah. Aliansi Mahasiswa UIN Jakarta menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Rektorat pada Rabu (20/3/2019).

Aksi yang berlangsung sejak pukul 10.00 ini dimulai dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK) untuk kemudian long march melewati semua fakultas di Kampus 1. Demonstrasi berlanjut di depan Gedung Rektorat UIN Jakarta.

Koordinator aksi, Ghifari Decha, menyatakan aksi kali ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Musyawarah Mahasiswa –dulunya bernama  Pemilihan Umum Raya (Pemira)- yang menggunakan sistem e-voting. Menurutnya penggunaan e-voting di pemilihan kemarin banyak kecurangan.


“Sistem e-voting tidak jelas juknisnya dan kesiapannya sangat tergesa-gesa,” ujarnya.

Baca juga: Hasil Musyawarah Mahasiswa UIN Jakarta 2019

Ia menganggap sistem baru ini juga tidak transparan. “Saya paham betul prof Amany mengadakan e-voting untuk meminimalisir kekacauan, tapi perlu diingat kericuhan yang terjadi bukan ketika pemilihan tapi penghitungan dan sistem e-voting ini penghitungannya tidak transparan,” terangnya.

Ghifari melanjutkan jika tuntutannya adalah diadakan kembali pemilihan ulang dengan juknis yang sudah dibuat oleh SEMA-U yakni sistem coblos, bukan e-voting. “Karena dengan seperti itu demokrasi akan berjalan dengan lancar,” kata dia.

Di sisi lain Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA-U) terpilih, Sultan, juga ikut mengecam oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan kecurangan pada pemilihan lalu.

“KPU, pihak penyelenggara, dan semua yang terlibat dalam pemira kali ini harus mempertanggungjawabkan bagaimana kecurangan demi kecurangan ini ditindaklanjuti,” imbuhnya.
Baca juga: [Editorial] Musyawarah Mahasiswa; Masalah yang Berulang dan Sistem yang Prematur
Setelah mendapat desakan yang masif dari mahasiswa, Amany Lubis kemudian menggelar audiensi. Ia berjanji akan mendatangkan tim forensik IT untuk menyelidiki kecurangan-kecurangan yang terjadi di Musyawarah Mahasiswa kemarin.




(Siska/Nina/Tia/Karmilah)

Posting Komentar

0 Komentar