Anggai Renjana; Rasa Yang Dituangkan Melalui Pameran

Journoliberta/Hasanah


Mahasiswa  Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2016 menggelar Pameran Foto Jurnalistik "Anggai Renjana" di Aula Student Center, UIN Jakarta, Senin (25/03/2019). Pameran ini dimulai sejak 25-28 Maret 2019 yang melibatkan 33 pameris.


Menurut Ketua Pelaksana, Muhammad Fachrureza, tema yang dipilih merupakan bentuk perwakilan diri pameris dalam memaknai rasa dan pikiran yang dituangkan melalui foto. "Tema ini diusung untuk mewakili diri kami dalam memaknai sebuah rasa dan pikiran melalui media foto atau visual," ujar Reza.

Selain itu,  R.A. Vadin selaku kurator pameran  juga mengungkapkan arti dari Anggai Renjana, yaitu suatu upaya dalam mengandaikan rasa lewat isyarat dalam sebuah foto, yang mensyaratkan ketersediaan dan keterbukaan  dalam memandang sebuah jepretan rana kamera.

Perhelatan yang dibuka dengan Seminar Street Photography  oleh Widya Sartika dan Fernando Randy ini bertujuan untuk mengapresiasi karya Mahasiswa Jurnalistik UIN Jakarta dan upaya meningkatkan eksistensi program studi. Dalam sambutannya Kepala Progam Studi (Kaprodi) Jurnalistik UIN Jakarta, Kholis Ridho mengapresiasi karya mahasiswa yang di pamerkan, ia juga menambahkan bahwa  pameran ini merupakan  tradisi yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Pameran yang dibuka sejak pukul 08.00-20.00 WIB ini mendapat respons positif dari  pengunjung yang datang. "Menurut saya pameran itu sangat-sangat bagus dan memiliki nilai positif yang sangat banyak, di antaranya adalah fotografi. Terkhusus untuk kita yang akan mengikuti seminar itu. Jadi, kita bisa tau duluan lewat pameran itu," ujar salah satu pengunjung pameran, Siti Maryam. Ia juga berharap untuk ke depannya mahasiswa semester bawah dapat ikut berkontribusi dalam pameran.

Adapun rangkaian acara dalam pameran foto Anggai Renjana di antaranya, Seminar Street Photography pada hari pertama, lalu dilanjutkan dengan Bedah Buku "Literasi Visual" oleh Taufan Widjaya pada hari kedua. Kemudian ditutup dengan Talkshow Photography  yang berjudul Cerita di Balik foto oleh Hana Sayyida dan Eva Fauziyah pada hari keempat.





(Hasanah)

Posting Komentar

0 Komentar