Calon Mahasiswa Baru UIN Jakarta Mulai Melakukan Daftar Ulang

uinjkt.ac.id

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang tergabung kedalam panitia Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019 sudah lebih dari sepekan lalu mulai membuka stan-stan untuk pendaftaran ulang mahasiswa baru. Pendaftaran ini berlangsung sejak tanggal 30 Juli-23 Agustus di halaman depan Gedung Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sebelum mendaftar mahasiswa baru harus melengkapi terlebih dahulu syarat-syarat seperti Google Form, bukti Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan Test of Arabic as a Foreign Language (TOAFL), foto 3×4 sebanyak 3 lembar, serta buku bacaan. Adapun untuk proses pendaftarannya, pertama datang ke Dema U, setelah itu ke fakultas baru ke jurusan masing-masing.

"Nah, di Dema Universitas sendiri ada persyaratan yang harus dupenuhi maba (mahasiswa baru) seperti G Form (Google Formulir) tambahannya membawa berkas TOEFL serta buku bacaan. Jadi nanti maba (mahasiswa baru) datang ke Dema Universitas di Aula Madya, setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran PBAK di fakultas masing-masing baru sehabis itu ke jurusan," kata Ketua PBAK Universitas 2019, Zafran Nabil Fauzan.

Menurut Rika Salsabila, salah satu mahasiswa baru program studi Jurnalistik, proses pendaftaran PBAK ini dinilai tidak terlalu rumit, hal ini karena para mahasiswa baru hanya diminta untuk mengunduh Google Form lalu membawa berkas lainya dan buku, setelah itu mereka diarahkan oleh panitia untuk ke fakultas masing-masing. "Untuk prosesnya gak ada yang rumit sih, cuma karena jarak photo copy ke stan yang lumayan jauh jadi kalau ada berkas yang belum di-photo copy lumayan harus bolak-balik," ujarnya.

Hal senada juga diucapkan mahasiswa program studi Agribisnis, Sekar Arum Kinanti, yang belum mengalami kesulitan berarti dalam proses daftar ulang. "Alhamdulillah lancar, terus kan informasinya juga gampang didapat apalagi kalau sudah masuk grup resmi dari fakultas sama jurusannya," terangnya.

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) akan dilaksanakan pada 26-29 Agustus 2019, bertempat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Setelah itu calon mahasiswa baru akan dikumpulkan di lapangan utama UIN.
Tahun ini UIN Jakarta membuka beberapa jalur untuk penerimaan mahasiswa baru di antaranya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), UM-PTKIN dan jalur SPMB mandiri.

“Diperkirakan bahwa sesuai kuota penerimaan di kelima jalur masuk ditambah jalur kerja sama dan beasiswa santri berprestasi angkanya lebih dari 7.600 peserta,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Masri Mansoer dikutip dari laman uinjkt.ac.id.






(Hasanah)

Post a comment

0 Comments