DEMA U akan Konfirmasi Hilangnya Tiga Mahasiswa UIN Jakarta ke Polda Malam Ini



Tiga mahasiswa UIN Jakarta diamankan pihak kepolisian pasca demonstrasi penolakan sejumlah undang-undang di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/09).

Sultan Rivandi, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Jakarta, mengonfirmasi langsung dari Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat. Ketiga mahasiswa yang ditahan adalah Firman Ihsan dari jurusan Ilmu Politik (FISIP), Doddy Kurniawan jurusan Sosiologi (FISIP) serta Iqbal Fadly jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (FITK).

"Saya sudah dapat kabar di Polda (tiga mahasiswa tertangkap)," ungkapnya.

Ketika ditanyai kronologi penangkapan, Sultan mengaku belum tahu. Saat ini Dema UIN Jakarta sedang melakukan upaya pembebasan, dibantu Lembaga Bantuan Hukum Jakarta.

Baca juga: Ini Tujuh Tuntutan Massa Aksi di Depan Gedung DPR RI

Sebelumnya tersiar kabar di grup WhatsApp bahwa tiga mahasiswa UIN Jakarta tidak diketahui kabarnya.

UIN Jakarta menurunkan sekitar seribu mahasiswanya untuk bergabung dengan mahasiswa dari berbagai universitas lainnya. Demo tersebut digelar untuk memprotes revisi sejumlah undang-undang bermasalah seperti revisi KUHP, revisi Undang-Undang Pemasyarakatan, RUU Pertanahan, RUU Minerba dan RUU Ketenagakerjaan. Mereka juga mendesak Presiden Jokowi untuk mengeluarkan Peraturan pengganti undang-undang (Perpu) untuk membatalkan revisi Undang-Undang KPK yang telah disahkan sebelumnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono sebelumnya mengatakan, sebanyak 94 orang ditangkap terkait demonstrasi kemarin. Hingga kini polisi masih memeriksa mereka.

Baca juga: Polisi Tembak Gas Air Mata dan Meriam Air ke Massa Aksi

"Kami sudah amankan beberapa orang, itu lebih kurang sebanyak 94 orang. Ada yang bawa bom molotov dan sekarang kami proses periksa. Kami pilah-pilah dari mana mereka, apakah dari mahasiswa, masyarakat atau dari pihak-pihak lain masih kami dalami," kata Gatot dilansir dari laman kompas.com.

*) Ralat: Tiga mahasiswa yang hilang baru akan dikonfirmasi oleh Dema U malam ini. Sebelumnya kami menulis mahasiswa telah ditemukan di Polda. Kami juga mengubah judul dari "Tiga MahasiswaUIN Jakarta yang Hilang Telah Ditemukan" menjadi "DEMA U akan Konfirmasi Hilangnya Tiga Mahasiswa UIN Jakarta ke Polda Malam Ini"



(Red)

Posting Komentar

0 Komentar