Aliansi Santri UIN Jakarta Rayakan Hari Santri

Foto: Yesi

Penulis: Yesi Salviana Fitri

Aliansi Santri Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Kirab Santri 2019, Selasa (22/10). Kirab Santri tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober. Kegiatan ini berpusat di depan gerbang pintu masuk kampus satu dan berakhir di depan gedung Rektorat UIN Jakarta.

Ketua Pelaksana Muallif Wijdan Kayis mengatakan tujuan utama kegiatan ini adalah memeriahkan Hari Santri Nasional 2019. Selain itu, melalui kegiatan ini para santri ingin menunjukan rasa cinta terhadap tanah air.

“Tujuannya yang pasti untuk ikut menyemarakkan Perayaan Hari Santri Nasional 2019, lalu sebagai bukti bahwa kami santri UIN Jakarta bangga pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren, dan kami juga ingin menyampaikan pesan-pesan damai dan ajakan untuk cinta pada bangsa dan negara melalui poster yang kami bawa dan orasi-orasi yang kami sampaikan,” kata Kayis.

Dalam kegiatan yang berlangsung sore hari ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari  berbagai kalangan mahasiswa. Para peserta serempak mengenakan baju batik, serta melengkapi diri dengan atribut spanduk dan poster untuk memeriahkan kegiatan ini.  

“Peserta yang mengikuti kebanyakan dari aliansi santri UIN Jakarta, tapi ada juga dari perwakilan 37 ikatan alumni pesantren yang ada di Ciputat, dan mahasiswa dari masing-masing fakultas yang ada di UIN Jakarta ,” ungkap Kayis.

Salah satu peserta, Vina Febrianti mengungkapkan  antusiasme terhadap acara ini, selain itu ia menjadikan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi sesama santri. “Saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Di sini bisa ketemu teman-teman santri alumni pondok pesantren dari berbagai daerah khususnya yang kuliah di UIN," ujarnya. 

Kegiatan kirab santri merupakan rangkaian acara dari peringatan Hari Santri Nasional oleh Aliansi Santri UIN Jakarta, yang dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 21-22 Oktober 2019

Sebelumnya Aliansi Santri UIN Jakarta telah mengadakan Seminar Nasional, bertema Meneguhkan Khittah dan Peran Santri UIN Jakarta dalam Menebar Pesan Perdamaian dan Menangkal Narasi Kekerasan di Era Milenial, bertempat di Masjid Student Center UIN Jakarta pada 21 Oktober.

Untuk diketahui 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional sejak 2014 oleh Presiden Joko Widodo. Peringatan ini untuk mengenang maklumat fatwa yang monumental, yang di sebut dengan Resolusi Jihad. Fatwa ini wujud dari perlawanan terhadap penjajahan yang dimotori oleh Rais Akbar Nahdhatul Ulama, Hadratus Syaikh Hasyim Asya'ri.

Editor: Reza

Post a comment

0 Comments