Bioskop Rakyat Tak Perlu Ditancap


    Narasi dan Foto: Johan



Ketika mendengar bioskop rakyat, yang terbenak di pikiran adalah layar tancap. Dahulu bioskop rakyat sering diasumsikan dengan layar tancap, sejenis bioskop keliling yang menggunakan proyektor tua dan kain besar sebagai medium dalam memproyeksikan film di lapangan ataupun lahan besar. Lokasinya yang terbuka, tentu selalu dipenuhi penonton menjadikan ciri khas hiburan tersebut. Namun sejalan dengan perubahan zaman, Indiskop memberikan inovasi terbaru untuk hiburan masyarakat.

Indiskop adalah singkatan dari Indie Bioskop yang dibangun atas kerja sama Perumda Pasar Jaya dan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI). Sudah beroperasi sejak 21 Juni 2019, dan baru diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 7 Oktober lalu. Indiskop yang membawa tema bioskop rakyat ini hadir di Pasar Jaya Teluk Gong, Jakarta Utara.

Harga tiket dapat dibilang cukup terjangkau. "Karena sedang promosi, harga tiket sampai Desember 2019 dibanderol Rp. 15.000 di hari kerja dan Rp. 20.000 di akhir pekan. Sedangkan harga normalnya dari Rp. 18.000 -- Rp. 25.000," ujar Febry Milleniawati yang sudah 4 bulan bekerja sebagai petugas tiket.

Menurut Penggagas Indiskop Marcella Zalianty, Indiskop ini memang ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat. "Ini adalah jawaban bagaimana perfilman Indonesia juga hadir untuk masyarakat, memberikan ruang kesetaraan," lanjutnya.

Bioskop yang memiliki dua studio dengan masing-masing berkapasitas 112 kursi ini memulai pemutaran film dari pukul 12.45 hingga terakhir pukul 18.45 khusus memutar film-film karya anak bangsa.

Konsep Indiskop sendiri adalah edusinema, ruang kreatif, dan kuliner Indonesia. Namun, baru dua kios saja yang menjajakan dagangannya dari total 12 kios yang tersedia.

Kehadiran Indiskop ini cukup menggembirakan masyarakat, khususnya warga sekitar. Beberapa di antara mereka baru pertama kali merasakan menonton di bioskop. Demikian juga dengan para pedagang, dengan keberadaan Indiskop ini diharapkan dapat meningkatkan omset mereka.

"Dengan dukungan dari pemerintah, stakeholder, dan berbagai pihak, nantinya akan meneruskan dan membuka di tempat-tempat lainnya," tutup Marcella Zalianty saat ditemui dalam acara Nonton Bareng Anak Jalanan, Selasa (15/10) lalu.

Editor foto: Zulham
Editor naskah: Bismar

Posting Komentar

0 Komentar