Kumpul Santai dan Diskusi di Kafe Insomniak


Penulis: Alma Almeria

Kini restoran tidak hanya memperhatikan kelezatan makanan yang disajikan saja, namun juga saling berlomba dalam keindahan dekorasi dan keunikan tempat untuk menarik perhatian pengunjung. Seperti Kafe Insomniak, yang terletak di Jl. Tarumanegara, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Kafe ini telah berdiri selama tiga tahun, tepatnya pada 24 Februari 2017.

Jika dilihat dari luar tampak tidak berbeda dengan kafe lainnya, sederhana dengan kursi dan meja kayu. Berbeda dari kafe pada umumnya, kafe ini menyediakan panggung publik yang terletak pada sisi kiri dan sering diisi untuk kegiatan para komunitas. Komunitas yang pernah tampil di panggung publik ini antara lain adalah komunitas Stand-Up Comedy dari UIN Jakarta, kegiatan bedah buku, Komunitas Ruang Sandi yang dihadiri langsung oleh Sandiaga Uno, diskusi bersama Fachri Hamzah, Dapur Seni dan masih banyak lainnya.

Adapun prosedur penyewaan panggung publik di kafe ini untuk para komunitas hanyalah dengan minimal pemesanan makanan yang sudah dipatok oleh kafe, maka komunitas sudah bisa memakainya tanpa biaya tambahan.

"Untuk memakai (panggung publik) itukan gratis ya buat yang udah sering kerjasama, kalau pun ada komunitas baru yang mau pakai cuma minimal order aja," Tandasnya.

Bila kita masuk lebih dalam, akan terlihat buku berjejer di sebelah kanan dinding yang telah disediakan untuk para pengunjung. Sedangkan dinding bagian atas dipenuhi mural berisi kata-kata motivasi dan sarkasme, salah satu tulisan yang paling menarik adalah ‘Ngomel di Sosial Media Adalah Kebodohan Yang Dipelihara’.

Kafe ini tetap menyuguhkan fasilitas kekinian yang pasti akan disukai para muda-mudi. Yakni adanya panggung live music yang terletak di bagian dalam ruangan, lengkap dengan stand untuk microphone serta kursi dan gitar akustik. Tak menghilangkan identitasnya sebagai tempat makan, Kafe Insomniak juga menyediakan beragam menu dengan harga terjangkau dan nama-nama yang unik. 

Seperti Geprek di Kosan yang dibanderol dengan harga paling murah Rp. 12.000 sampai Rp. 14. 000. Sedangkan untuk menu kopi, ada Kopi Nusantara (Sidikalang/ Gayo/ Mandhailing) dengan harga Rp. 13.000 dan Kopi Susu Nusantara dengan harga Rp. 15.000 saja. Selain itu, juga terdapat ayam goreng, pisang, roti dan jus.

Menurut pemilik Insomniak, Zulfadly Pangabean, Insomniak adalah sebutan bagi orang yang senang tidur sampai larut malam. Selain itu, juga para insomniak sudah sangat dikenal dengan kecintaannya terhadap kopi. Tepatlah maka nama Insomniak untuk Kafe yang tutup pada pukul 02:00 dini hari.

"Ya kan Insomnia dan Maniak, jadi Insomniak. Artinya orang orang yang suka begadang dan identik sama kopi gitu," Jelasnya.

Kafe ini awalnya didirikan oleh empat orang yang mana mereka adalah sahabat dekat. Namun lambat laun satu per satu dari mereka mulai memiliki kesibukannya masing-masing, hingga pada akhirnya saham penuh dipegang oleh Zulfadly Panggabean. Ia tak sendiri, dengan menggandeng satu partner bernama Fariduddin Attar yang bertugas untuk mengatur menu makanan yang disediakan. 

Zulfadly menjelaskan bahwa motivasinya dalam membuat konsep yang bertema komunitas dan kebaikan ini diawali dengan kisahnya dulu sebagai mahasiswa yang kesulitan mencari tempat untuk berkumpul bersama komunitas atau sekedar untuk berdiskusi. Sebab kebanyakan kafe tidak menyediakan fasilitas untuk itu semua.

“Dulu waktu aku kuliah, susah gitu cari tempat untuk diskusi juga kumpul sama komunitas, makanya kepikiran buat konsep kafe kaya gini” jelasnya.

Menjelang malam tempat ini akan semakin ramai, membuktikan bahwa ketertarikan pengunjung sangat besar terhadap konsep dan tema baru yang dibuat oleh Insomniak.

Salah satu pengunjung, Halim, mengungkapkan konsep kafe seperti ini yang sangat dicari pengunjung terlebih mahasiswa sepertinya. 

"Ini sih bagus banget ya, biasanya makin malem makin rame gitu, belum lagi kalo ada acara dari komunitas atau bedah buku, kerennya juga sound dipasang di luar dan di dalem bisa buat diskusi tanpa keganggu sama music," tutupnya.

Posting Komentar

2 Komentar