Rektor UIN Jakarta Keluarkan Surat Edaran Terkait Corona Virus-19


Penulis: Tia

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Amany Lubis keluarkan surat imbauan kepada seluruh sivitas akademika untuk melakukan kewaspadaan dini terhadap Corona Virus Disease-19 (Covid-19), Selasa (3/3/2020).

Surat edaran dengan nomor surat B-944 /R/HK.00.7/02/2020  berisi 5 poin imbauan. Antara lain, menganjurkan untuk tidak melakukan perjalanan ke negara yang terdampak Covid-19, membatasi interaksi dengan civitas academica bila baru melakukan perjalanan dari luar negeri. “Jika dalam masa 14 hari tersebut mengalami demam, batuk, pilek, sesak dan lainnya. Mohon untuk segera periksa ke poli paru RSSH UIN Jakarta dan mengirimkan hasil check-up via email uinjkt.ac.id,” tambahnya

Menyerukan pula untuk menjaga pola hidup sehat seperti mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, mengkonsumsi makanan sehat dan halal, dan meminimalisir kegiatan di keramaian.

Tidak hanya itu, Amany mendorong setiap unit kerja di kampus menyediakan fasilitas cuci tangan dan membersihkan tempat yang sering tersentuh tangan.
“(a) Penyebaran informasi tanpa membuat panik, (b) menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan hand sanitizer di setiap ruangan atau tempat strategis (c) membuat ketentuan agar cleaning service lebih sering membersihkan tempat-tempat yang sering terpegang tangan seperti meja (terutama pada ruang-ruang rapat) gagang pintu, gagang jendela, papan tombol lift, pegangan atau rel tangga, dan lainnya dengan disinfektan (larutan kaporit 0.1% sesuai standar WHO), dan (d) berdoa agar selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah penyakit dan musibah,” tutup poin terakhir.

Hal ini merupakan respon setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit  virus corona. "Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri," ungkap Jokowi seperti dikutip dari CNN, Senin (2/3/2020).

Posting Komentar

0 Komentar