STF Beri Mahasiswa Bantuan Sembako dan Pembayaran UKT

Foto: STF UIN Jakarta

Penulis: Siti Hasanah.
Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali melakukan gerakan untuk membantu mahasiswa terdampak Covid-19,  bantuan tersebut berasal dari Gugus Tugas Covid-19 Kementerian Keagamaan (Kemenag) Republik Indonesia.
Direktur Program STF UIN Jakarta, Sri Handayani menuturkan bahwa penyerahan bantuan Senilai 100 Juta Rupiah, rencananya akan diserahkan langsung oleh Sekjen Kemenag RI, TB Ace Syadzily kepada Rektor UIN Jakarta, Amany Lubis, di Aula Madya Lt 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (22/05/2020).
"Bantuan dari gugus tugas Covid-19 Kemenag RI berupa uang sebesar 100 juta. Sebagiannya disalurkan dalam bentuk sembako, dan sebagiannya akan digunakan untuk beasiswa mahasiswa yang terdampak Covid-19", tuturnya.
Sebanyak 463 paket sembako akan dibagikan bertahap kepada mahasiswa yang sudah terdaftar serta 50 paket dari UPZ Kemenag yang akan didisribusikan untuk mahasiswa Internasional. 
“Ada 463 paket yang rencananya akan diserahkan kepada mahasiswa secara bertahap, tujuannya untuk menghindari kerumunan. Selain itu, ada  juga bantuan sembako 50 paket dari UPZ kemenag RI. Sesuai amanah, yang didistribusikan bagi mahasiswa internasional", jelasnya. 
Sejak adanya  pandemi  Covid-19, STF UIN Jakarta memang aktif menghimpun dan menyalurkan bantuan yang bertajuk #melawancovid19. Bantuan tersebut disalurkan bagi mahasiswa rantau dan masyarakat yang membutuhkan. Harapannya agar mahasiswa tidak khawatir akan kesulitan makanan, dan tetap tenang serta fokus dalam menjalankan perkuliahannya.
"Tujuan STF adalah agar mahasiswa tenang dan bisa fokus mengikuti perkuliahan tanpa khawatir kesulitan makanan dll. Dan juga agar mereka  kuat imunnya sehingga tidak mudah  terserang virus," tambahnya Sri.
Terhitung hingga 23 Mei 2020 STF telah menyalurkan sebanyak 24.180,  yang terdiri dari 1.482 paket sembako, 22.191 makanan jadi, 141 masker dan sarung tangan, 300 hand sanitizer ukuran 60 ml, 3 hand sanitizer ukuran 500 ml, dan 63 paket data internet untuk mahasiswa yang sedang ujian. 
Selain paket sembako STF UIN Jakarta juga membuka pendaftaran beasiswa yang akan dibuka menjelang pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Beasiswa ini diperuntunkan bagi mereka yang terkendala pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) akibat dari dampak Covid-19. Selain beasiswa, ada juga dana talangan berupa pinjaman tanpa jasa yang bisa menjadi anternalif bagi mahasiswa yang kesulitan untuk membayar UKT.
"Mengingat banyak mahasiswa yang terdampak Covid-19 tidak dapat membayar SPP. Saat ini saja sudah mulai banyak masuk nama-nama yang minta bantuan. Pada saat pengisian KRS kemungkinan besar akan bertambah",  tutup Sri. 

Posting Komentar

0 Komentar