Semester Ganjil, Perkuliahan Tetap Daring



Penulis: Sulthony

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri mengadakan konfrensi pers mengenai panduan penyelanggaraan pembelajaran di masa pandemi, disiarkan secara langsung via Zoom, Senin (15/9). Panduan ini mengatur mulai dari pendidikan usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah hingga pendidikan tinggi. Dalam keterangannya pemerintah menekankan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pengajar, masyarakat dan keluarga menjadi prioritas untuk kelanjutan pembelajaran pendidikan akademik.

Di pola pembelajaran bagi perguruan tinggi terdapat tiga poin. Kegiatan perkuliahan tetap dilaksanakan pada Agustus, sedangkan perguruan tinggi keagamaan dilaksanakan September. 

"Pembelajaran di perguruan tinggi pada semua zona wajib dilaksanakan secara daring untuk mata kuliah teori, demikian juga untuk mata kuliah praktik sedapat mungkin tetap dilakukan dengan daring," tulis poin 2.

Terdapat pengecualian untuk kegiatan yang tidak dapat dilakukan secara daring. Seperti penelitian di laboratorium, praktikum, studio, bengkel, dan kegiatan sejenisnya. Kegiatan tersebut diperbolehkan untuk tetap melakukan kegiatan di kampus, asal memenuhi protokol kesehatan.

Sebelumnya, Rektorat UIN Syarif Hidayatullah mengadakan dialog daring bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) serta Senat Mahasiswa (SEMA), Rabu (10/6).

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis, mengungkapkan perkuliahan semester ganjil dapat dilaksanakan 40 persen secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan, khususnya kebutuhan praktik kuliah tertentu. Sisanya tetap menggunakan perkuliahan jarak jauh secara daring.

“Jadi, dosen satu mata kuliah bisa ditawarkan misal empat kali melaksanakan perkuliahan tatap muka, sisa pertemuan kemudian dilaksanakan daring. Semuanya dihitung sebagai perkuliahan penuh satu semester,” papar Amany seperti dikutip dari LPM Institut.

Adapun pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) untuk mahasiswa baru diwacanakan dilakukan secara daring. Hal ini telah dibahas melalui rapat bersama panitia PBAK tingkat jurusan hingga universitas.

Posting Komentar

0 Komentar