Perpanjangan Masa Peminjaman Buku di Perpustakaan Fdikom Kini Bisa Lewat Daring

Ilustrasi: opac.fah.uinjkt.ac.id

JOURNOLIBERTA.COM - Setelah tetap melakukan kebijakan denda selama pandemi, kini Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berlakukan perpanjangan masa peminjaman buku bagi mahasiswa yang telat mengembalikan buku via daring.

Saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (29/3/21), Pustakawan Perpustakaan Fdikom Maryulisman membenarkan adanya kebijakan perpanjangan masa peminjaman buku tersebut. Tak hanya itu, mahasiswa juga dapat mengajukan keringan denda via online.

“Benar (ada perpanjangan dan pengajuan keringanan buku via online),” kata Maryulisman.

Kebijakan perpanjangan peminjaman dan pengajuan keringanan buku via daring rupanya sudah diberlakukan hampir satu tahun, Maryulisman mengatakan bahwa kebijakan tersebut sudah dilakukan semenjak April 2020 lalu.

Saat ditanya alasan yang mendasari Perpustakaan Fidikom memberlakukan kebijakan tersebut. Maryulisman mengatakan bahwa hal itu guna mempermudah mahasiswa di masa pagebluk Covid-19.

“Mempermudah mahasiswa (yang terlambat mengembalikan buku),” tambahnya.

Adanya kebijakan baru ini rupanya disambut baik oleh mahasiswa yang sering meminjam buku di Perpustakaan Fdikom. Atika salah satunya, mahasiswi prodi Jurnalistik ini mengatakan  sangat senang dengan kebijakan tersebut. Hal ini dikarenakan ia sering meminjam buku ke Perpustakaan Fdikom.

“Tentang kebijakan baru ini, menurut saya sudah sangat bagus. Karena memudahkan mahasiswa untuk pinjam buku, tanpa harus repot bolak-balik ke kampus untuk perpanjangan,” ucap Atika, Minggu (21/3/21).

Sebagai informasi tambahan, tarif denda keterlambatan pengembalian buku masih  sama dan tidak ada pengurangan atau penambahan, yakni lima ratus rupiah per hari untuk satu buku.

Meskipun sudah hampir satu tahun diberlakukannya kebijakan tersebut, namun masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui bahwa kebijakan Perpustakaan Fidikom sudah berubah. Seperti yang diungkapkan oleh Nisa Nurazizah, Mahasiswi prodi Jurnalistik, yang belum mengembalikan buku sejak pandemi berlangsung. Ia juga mengaku belum mendapat informasi apapun terkait adanya kebijakan tersebut. 

“Saya tidak mengetahui  sama sekali, saya (juga) tidak pernah mendapat informasi tersebut," ungkap Nisa, Minggu (21/3/21).

Terlepas dari kurangnya pemberitahuan tentang kebijakan baru yang dilakukan oleh Perpustakaan Fdikom, mahasiwa sangat berharap agar kebijakan ini bisa dilakukan hingga kuliah tatap muka dilaksanakan. Serta bisa dilaksanakan semaksimal mungkin untuk membantu meringankan mahasiswa terkait peminjaman buku.

 

Penulis: Ahmad Dwiantoro dan Indah Pramestya

Editor: Siti Hasanah Gustiyani

Posting Komentar

0 Komentar