CBX 2021, Berpikir Cerdas Di Dunia Digital


Foto: Ridho/Journo Liberta

JOURNOLIBERTA.COM-DNK TV UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali menggelar Campus Broadcasting Expo (CBX) pada 27 September- 16 Oktober 2021. Mengusung tema "Think Smart Go Digital" Acara ini dikemas dalam bentuk webinar virtual class yang mengedukasi dan bisa diakses oleh siapapun secara gratis.

Ketua pelaksana CBX 2021, Taufik Nur Rohman mengatakan bahwa tujuan dari dilaksanakannya webinar ini yaitu untuk membuka kesempatan secara luas bagi mereka yang mempunyai minat di dunia public speaking dan copywriting. Ia juga berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta nantinya dapat menerapkan ilmu yang didapat ditulisan maupun ketika berbicara di depan umum.

“Kita ingin membuka seluas-luasnya teman yang giat pada dunia Broadcasting, komunikasi, maupun pers untuk belajar bersama-sama,” ujar Taufik, ketua pelaksana CBX 2021, saat diwawancarai via Whatsapp, Senin (11/10/2021).

Menurut Taufik,  bukan hanya mahasiswa menjadi sasaran peserta webinar,  ia juga mengundang lembaga penyiaran kampus dan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik, Broadcasting, maupun komunikasi.

“Untuk para LPK atau pegiat komunikasi yang lainnya kita ingin cross check sejauh mana tulisan kita baik atau buruknya, hitungannya seperti upgrade skill.” Tutup Taufik.

Kelas virtual pertama CBX yang bertema "How to be a powerful speaker" di gelar pada senin (11/10/2021). Dalam webinar tersebut, DNK TV menghadirkan M. Syafiul Muktapa,  sebagai narasumber dari  Bicara Pede Academy.  Syaiful juga merupakan seorang master of ceremony (MC) dan juga seorang konten kreator di Tiktok yang membahas seputar dunia publik speaking.

Dalam Webinar pertama ini, Syaiful Muktapa atau biasa dikenal Kak Uta memaparkan materi webinar tentang Public speaking. Dari penjelasannya, ia  menambahkan tips dari publik speaking serta kunci dari publik speaking

“Beri afirmasi positif sebelum penampilan itu perlu, karena hal itu bisa membawa aura yang baik terhadap diri kita dan akan berpengaruh pada performa saat tampil."

Syaiful  juga menyebutkan bahwa terdapat hal yang harus diterapkan dalam publik Speaking agar menarik peserta. 

Smiling Voice (senyum), Eye Contact, dan Gerakan yang variatif penting untuk diterapkan agar audience lebih memerhatikan dan materi yang kita sampaikan akan tersampaikan dengan baik, jelas dan enak didengar,“ jelasnya.


Penulis: Eza Rosyandi & Ridho Hatmanto

Editor: Gina Nurulfadillah

 

Posting Komentar

0 Komentar